Tanjakan Emen: Misteri dan Tragedi di Jalur Wisata Subang-Lembang

Tanjakan Emen

Tanjakan Emen adalah sebuah tanjakan yang terletak di Desa Sukanagara, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tanjakan ini menghubungkan jalur wisata Subang-Lembang yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Namun, Tanjakan Emen juga dikenal sebagai jalur yang rawan kecelakaan.


Pada artikel ini, kita akan membahas tentang asal usul, lokasi, mitos, tragedi, dan apakah ke Ciater lewat tanjakan Emen.


Asal Usul Nama Tanjakan Emen


Ada dua versi cerita mengenai asal-usul nama Tanjakan Emen. Versi pertama menyebutkan, nama Tanjakan Emen berasal dari seorang sopir oplet bernama Emen. Emen sering melewati tanjakan ini untuk mengantar penumpang dari Lembang ke Subang. Pada suatu hari, Emen mengalami kecelakaan di tanjakan ini dan meninggal dunia. Sejak saat itu, tanjakan ini dikenal dengan nama Tanjakan Emen.


Versi kedua menyebutkan, nama Tanjakan Emen berasal dari seorang petani bernama Emen. Emen memiliki kebun di lereng tanjakan ini. Pada suatu hari, Emen sedang bekerja di kebunnya ketika terjadi longsor. Emen meninggal dunia dalam longsor tersebut. Sejak saat itu, tanjakan ini dikenal dengan nama Tanjakan Emen.


Lokasi Tanjakan Emen


Tanjakan Emen terletak di Desa Sukanagara, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Tepatnya, tanjakan ini terletak di kilometer 186 dari arah Subang menuju Lembang.


Tanjakan Emen memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dengan kemiringan sekitar 40 derajat. Tanjakan ini memiliki tikungan yang tajam dan curam, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pengendara.


Mitos Tanjakan Emen


Tanjakan Emen sering dikaitkan dengan mitos mistis. Menurut mitos tersebut, Tanjakan Emen dihuni oleh arwah Emen, sopir oplet yang meninggal dalam kecelakaan. Arwah Emen dikatakan sering mengganggu para pengendara yang melintas di tanjakan ini.


Untuk menghindari gangguan dari arwah Emen, para pengendara biasanya melemparkan puntung rokok atau uang receh ke tebing tanjakan. Mereka juga sering membunyikan klakson atau berseru "permisi" saat melewati tanjakan ini.


Apakah Ke Ciater Lewat Tanjakan?


Ya, untuk menuju Ciater dari Subang, kita bisa melewati Tanjakan Emen. Namun, kita harus berhati-hati saat melewati tanjakan ini karena rawan kecelakaan.


Berikut adalah beberapa tips untuk berkendara di Tanjakan Emen:


* Pastikan kendaraan dalam kondisi prima.

* Kurangi kecepatan saat melewati tanjakan.

* Hati-hati saat melewati tikungan tajam.

* Jangan ugal-ugalan.

* Jika lelah, beristirahatlah sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.


Demikianlah artikel tentang Tanjakan Emen. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda.

LihatTutupKomentar